Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Belajar

Tidak ada yang paling tahu tentang kopi, selain kopi itu sendiri, jadi pelajarilah.

Spesies & Varian Kopi

Ketika memesan menu di kedai kopi biasanya anda akan ditawari untuk memilih jenis Robusta atau Arabika, kedua jenis kopi tersebut sebenarnya merupakan istilah untuk spesies tanaman dari genus Coffea. Terdapat lebih dari 100 spesies kopi di dalam genus tanaman tersebut, dua yang paling populer adalah Coffea Canephora (Robusta) dan Coffea Arabica (Arabika), selain itu ada pula spesies Liberika dan Ekselsa yang saat ini mulai diminati oleh masyarakat. Diluar kategori berdasarkan spesies tanaman, terdapat beragam varian kopi dengan karakteristik atau cara pengolahan tertentu misalnya Kopi Luwak, Kopi Peaberry, Kopi Bajing, Kopi Burung Jacu, Kopi Gajah, dll.

Arabika
Robusta
Liberika
Ekselsa

Tingkat Sangrai

Terjadi perubahan pada struktur biji kopi ketika melalui proses penyangraian dari waktu ke waktu yang berimbas pada perubahan rasa dan aroma. Tahap-tahap perubahan selama sebagai tingkat sangrai dan paling jelasnya ditandai oleh adanya perubahan warna pada biji kopi. Setiap tingkat sangrai memiliki karakteristik rasa dan aroma yang berbeda-beda, sehingga perlu disesuaikan dengan metode penyeduhan agar memperoleh citarasa yang sesuai.

Selengkapnya >>

Tingkat Giling

Tingkat gilingan menunjuk pada ukuran biji kopi ketika melewati proses penggilingan, hal ini akan mepengaruhi proses ekstraksi atau keluarnya sari-sari kopi ketika berinteraksi dengan air. Tingkat gilingan yang lembut akan mempercepat ekstraksi, sedangkan tingkat gilingan yang kasar akan melambatkan ekstraksi, pilihlah tingkat gilingan yang sesuai dengan metode penyeduhan agar sajian kopi tidak terlalu encer atau terlalu pahit.

Selengkapnya >>

Metode Seduh

Penyeduhan adalah proses mengeluarkan sari-sari kopi melalui media air sehingga dapat dinikmati sebagai sajian minuman. Proses ini dapat dikatakan sebagai tahapan terakhir yang menentukan citarasa kopi. Proses penyeduhan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana hingga kompleks dan diistilahkan sebagai metode penyeduhan. Terdapat faktor-faktor yang harus diperhatikan selama melakukan proses penyeduhan, antara lain: jenis kopi, tingkat sangrai, tingkat giling, suhu air, lama ekstraksi dan sebagainya. Masing-masing metode penyeduhan perlu memperhatikan faktor-faktor penyeduhan tersebut agar dapat menghasilkan sajian kopi sesuai yang diharapkan.

Selengkapnya >>

Tubruk
Vietnam Dripper
V60 Dripper
AeroPress
Staresso
ROK Presso
WhatsApp chat Whatsapp kami!